“Ekspresikan Diri” ala Anak Muda Indonesia

Setelah melakukan survey independen melalui media sosial Instagram selama kurang lebih 3 minggu, kami menemukan beberapa fakta mendasar tentang “Seberapa Merdeka Anak Muda Indonesia dalam Berekspresi” (Temukan hasil lengkap surveynya disini). Ternyata 55% orang Indonesia masih merasa tidak nyaman untuk mengekspresikan dirinya di lingkungan tempat mereka tinggal atau beraktivitas saat ini, dan yang lebih mengejutkannya lagi, “Keluarga Besar” adalah lingkungan dengan tingkat ketidaknyamanan tertinggi dalam mengekspresikan diri. (😳) I mean, keluarga adalah lingkungan terdekat sebelum dunia luar lho! (Temukan hasil lengkap surveynya disini).

Despite all the shocking news from the survey, we’re so excited to introduce you to Remaja Nusantara. Sebuah komunitas dimana anak muda berkumpul mengapresiasi dan mengekspresikan diri mereka melalui atribut dan pola pikir “Kenusantaraan”. Kalian pasti sering lihat belakangan ini, sekumpulan anak muda dengan outfit kece berbalut kain tradisional berseliweran di area umum seperti communal spacecafe, tempat kerja, bahkan di tengah-tengah weekend party! And they fit so well ❤️ Remaja Nusantara ini adalah salah satu komunitas yang menginisiasi gerakan normalisasi pemakaian kain atau busana tradisional di tengah kegiatan sehari-hari anak muda urban, khususnya yang tinggal di kota Jakarta.

Kali ini kami berkesempatan untuk berbincang langsung dengan salah satu perempuan muda dari Remaja Nusantara, Athira, yang akan membagikan pandangan serta pengalamannya tentang bagaimana mengekspresikan diri sambil melestarikan warisan nusantara di era digital dan modern seperti saat ini.

Hi Athira! Perkenalkan diri dulu dong.

“Namaku Najma Athira Delan. Bisa dipanggil Najma tapi juga bisa dipanggil Athira, feel free~”

Usia kamu saat ini berapa?

“Usiaku 19 tahun.”

Kegiatan kamu sehari-hari ngapain aja sih?

“Ya belajar, nungguin online class, nugas, kaya mahasiswa biasanya, tapi biasanya aku ikut jagain adikku.”

Apa yang membuat kamu tertarik untuk memadu padankan ornamen tradisional seperti kain batik atau kebaya di style kamu sehari-hari?

“Ini adalah bentuk ekspresi aku untuk melestarikan budaya Indonesia. Menurut aku pakai kain di masa sekarang itu termasuk hal yang jarang (terlihat) ya. Tetapi dengan memakai kain, aku berkontribusi dalam melestarikan budaya kita. Terlebih lagi, (yang aku suka) kain itu simple! Misalnya saat aku kebingungan mau pakai baju apa, nah itu biasanya aku langsung ngambil kebaya atau pakai kain aja. Kain & kebaya itu nggak musti dipakai ke acara yang formal, bisa juga kita pake untuk keseharian, seperti: grocery shopping atau main sama teman.”

Kamu punya kain atau atribut tradisional favorit nggak?

“Kain tradisional favorit aku itu, Kain Tenun Bugis, karena warnanya mencolok dan coraknya juga beragam, membuat orang lain (yang melihatnya) itu jadi bahagia! Warna-warni dalam satu kain, ragam warnanya juga banyak, bawaannya tu jadi kaya seneng aja gitu. Terus, Tenun Bugis juga biasanya ada yang memiliki sentuhan mengkilap, itu yang membuat Kain Bugis terlihat elegan dan bikin jatuh cinta.”

Buat kalian yang masih bingung memadu padankan kain untuk look sehari-hari kamu, yuk ditonton video dibawah ini. Ada rekomendasi “Berkain” ala Remaja Nusantara, lengkap dengan sepatu dan sandal dari MKS’ tentunya!

 

Kamu lebih suka look yang mana? Yang colorful atau yang formal? Temukan sepatu dan sandal yang catchy dan cocok banget untuk modern-Berkain-look kamu, disini. Jangan lupa, subscribe newsletter kita untuk mendapatkan IDR 50.000 voucher #mkspeople 🇮🇩✨

Hasil Survey Kemerdekaan Berekspresi. Ternyata…
The new “It” place in town is coming!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close My Cart
Close Wishlist
Recently Viewed Close
Close

Close
Navigation
Categories
×